About

Perbaiki Mouse Komputer yang Macet Karena Terjatuh

Pernahkah pembaca mengalami permasalahan cursor mouse komputer optik yang tidak bergerak atau tidak berfungsi setelah sempat terjatuh? saya mendapatkan solusi permasalahan ini yang akan saya bagi dalam tulisan kali ini:

Syarat solusi/tips ini berhasil bila:
1. lampu LED merah pada mouse optik masih menyala
2. tidak ada kerusakan fisik setelah mouse jatuh

untuk alat yang diperlukan cukup obeng saja,

setelah semua alat telah siap mari kita bongkar mouse komputer optik, dalam eksperimen yang saya gunakan adalah mouse optik wireless merk B-Blue Air Finder.



Setelah mouse terbuka, kita lihat bagian mirror dari mouse tersebut (bagian dalam mouse yang berwarna bening). bagian ini memiliki fungsi untuk memantulkan cahaya LED ke kamera CMOS. bila posisi dari mirror ini tidak tepat, tentu pantulan cahaya LED tidak akan sampai ke kamera CMOS.

Goncangan saat terjatuh membuat mirror bergeser ke tempat yang tidak sepantasnya, sehingga pantulan dari lampu LED tidak ditangkap dengan baik oleh CMOS Camera. solusi permasalahan ini sungguh mudah, cukup geser atau benahi posisi dari mirror ke posisi semula (dekat dengan LED).


Bila posisi mirror telah dibenahi namun cursor masih belum dapat bergerak coba gerakan lagi posisi mirror sambil mengetes apakah cursor bergerak.

Sekian tips yang dapat saya berikan, semoga tips ini dapat membantu permasalahan anda!
Namun bila cursor masih belum bergerak, kemungkinan terdapat permasalahan lain dalam mouse optik anda.
Barang elektronik memang begitu rentan terhadap benturan. Baru-baru ini tab saya terjatuh setinggi 30cm sehingga tidak dapat digunakan kembali. Untuk itu, sedapat mungkin hindari benturan terjadi pada barang elektronik kesayangan anda, agar barang elektronik anda berumur panjang.

silahkan share & like tulisan ini bila bermanfaat ya!
Perbaiki Mouse Komputer yang Macet Karena Terjatuh Perbaiki Mouse Komputer yang Macet Karena Terjatuh Reviewed by adipendet on Januari 15, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.